Official Site: Home | Trailers | Gallery | Reviews



Storyboarding


Indra udah mulai ngebuat storyboard. Sumpah. Anak ini adalah tukang gambar yang paling cepat yang pernah gue kenal. Karena dia juga pernah jadi asisten sutradara, jadi dia gape masalah angle, ukuran object, dan gerakan kamera. Jadi ngasih tau apa yang kita mau juga gampang. Kita udah sepakat sehari ngerjain 10 scene. Dead Time yang total skripnya ada 124 scene bakal bisa diselesaikan dalam waktu 11 hari.

Gue lebih suka kalau storyboard dibuat se-detil mungkin. Jadi pas syuting kru-kru bakal punya shooting guide yang lebih komplit.

Perlu atau nggaknya storyboard memang tergantung kebutuhan sutradara. Banyak sutradara, termasuk Woody Allen, yang nggak perlu storyboard. Ada sutradara yang cuma butuh floor plan, atau skema set dan letak kamera yang dilihat dari atas.

Gambar storyboard memang nggak perlu sehalus gambar novel grafis. Kalau ada yang punya DVD film True Romance yang asli, bisa dilihat bahwa storyboard-nya cuma dibuat dengan gambar-gambar kasar. Yang penting memuat informasi angle, object size, dan gerakan kamera.

Posted by Joko Anwar 4:58 AM  

1 Comment:

  1. erdiand said...
    DVD True Romance yang asli? hehehe, apa ada yang palsu ya Jok?

    Nampaknya masalah pembajakan sudah akut kali di Indonesia, sampe2 sudah muncul stigma ada DVD atau apa yang palsu dengan yang asli..

    Jangan2 nanti Dead Time yang "asli" belum dirilis, yang palsu sudah merajai pasar Indo..

    Turut berduka atas matinya UU hak cipta

Post a Comment